Analisis Ekonomi Kreatif Produk Puli Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Usaha Kerupuk Puli UD. Viskar Mandiri Di Desa Sarirogo Sidoarjo)

Authors

  • Irfan Rosidi Program Studi Ekonomi Syariah, STAI An-Najah Indonesia Mandiri
  • Dewi Riza Lisvi Vahlevi Program Studi Ekonomi Syariah, STAI An-Najah Indonesia Mandiri

Keywords:

Analisis Ekonomi Kreatif, Perspektif Etika Bisnis Islam, Produk Puli

Abstract

Dalam konteks era globalisasi, sektor ekonomi kreatif dan industri kuliner, termasuk produk kerupuk puli, mengalami pertumbuhan yang pesat. Di Indonesia, industri kreatif berkembang dengan dukungan budaya lokal, menarik minat masyarakat. Pentingnya etika bisnis Islam juga terlihat dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada kebaikan umat. Penelitian ini menginvestigasi produk kerupuk puli dalam kerangka ekonomi kreatif dan sejauh mana kesesuaian dengan prinsip etika bisnis Islam. Sidoarjo dipilih sebagai fokus penelitian karena perannya dalam ekonomi kreatif kuliner, terutama kerupuk puli. Penelitian ini menitikberatkan pada penerapan ekonomi kreatif di UD. Viskar Mandiri dan perspektif etika bisnis Islam dalam ekonomi kreatif di perusahaan yang sama. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Viskar Mandiri menerapkan strategi pemasaran yang melibatkan ekonomi kreatif dan etika bisnis Islam. Pendekatan ini menggambarkan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan keterlibatan komunitas, sambil menjunjung nilai-nilai agama. Dengan memadukan partisipasi komunitas, pemasaran digital, teknologi produksi modern, dan strategi sponsor, perusahaan membentuk dasar yang kuat untuk merek yang berkelanjutan. Di sisi lain, dedikasi UD. Viskar Mandiri terhadap etika bisnis Islam terlihat dalam berbagai aspek. Perusahaan memastikan penggunaan bahan baku yang halal, menetapkan harga yang adil, mengutamakan kualitas produk dan kepuasan pelanggan, serta memegang teguh integritas dan kejujuran dalam seluruh operasi. Pendekatan etis ini tidak hanya menegaskan tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga membangun kepercayaan konsumen, membantu UD. Viskar Mandiri meningkatkan potensi pasar global dan domestik produk kerupuk puli.

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles