PEMAHAMAN DAN HASIL DARI KEPUASAN KONSUMEN PADA PEDAGANG KOPI FAIR TRADE

Authors

  • Fauzan Fahresky Pratama Universitas Trisakti
  • Willy Arafah Universitas Trisakti

Keywords:

Perceived Quality, Customer Expectation, Perceived Value

Abstract

Industri kopi Fair Trade di Indonesia mengalami pertumbuhan dengan singnifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi anteseden dan pascaseden kepuasan konsumen, termasuk faktor utilitarian, sosial, dan emosional, dalam konteks konsumsi kopi perdagangan yang adil (Fair Trade). analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM) dengan perangkat lunak SPSS/AMOS 26.0. Temuan - Penelitian ini mendukung bahwa nilai sosial pelanggan dan kualitas mempengaruhi nilai yang dirasakan (perceived value/PV). PV pada gilirannya berpengaruh pada kepuasan pelanggan dan yang terakhir mempengaruhi loyalitas. Sebaliknya, nilai emosional pelanggan dan harapan pelanggan tidak dikonfirmasi sebagai anteseden PV. Penelitian ini berkontribusi pada peningkatan substansial dalam pemahaman kepuasan konsumen dan konsekuensinya, dalam konteks konsumsi kopi Fair Trade. Sebuah model teoritis baru yang terintegrasi tentang kepuasan konsumen telah disediakan, yang mencakup faktor persepsi sosial dan emosional, bersama dengan faktor persepsi kognitif (kualitas dan ekspektasi).

Downloads

Published

2025-04-07