Pengaruh Diskon Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Pada Pengguna Aplikasi Steam Di Kota Medan)
Keywords:
Diskon Harga, Citra Merek, Keputusan Pebelian ImpulsifAbstract
Penelitian ini mengamati peningkatan tahunan dalam jumlah pengguna akun aplikasi Steam dari 2019 hingga 2021, yang disebabkan oleh pengguna yang memiliki atau membuat banyak akun. Selain itu, ada peningkatan pengguna aktif dalam permainan (in-game) selama periode ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diskon dan citra merek (Brand Image) dalam aplikasi Steam terhadap keputusan pembelian impulsif secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, melibatkan 100 responden yang dipilih secara acak. Data diperoleh melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Hasilnya menunjukkan bahwa diskon tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif, tetapi citra merek berpengaruh secara signifikan. Namun, diskon dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian impulsif, dengan koefisien korelasi sebesar 0,805 dan koefisien determinasi sebesar 64.1%.