Analisis Penerapan Kepemimpinan Transformasional Dan Transformasi Digital Dalam Keefektifan Organisasi (Studi Pada PT. POS Indonesia Kota Kisaran)
Keywords:
Penerapan, Kepemimpinan Transformasional, Transformasi Digital, Keefektifan OrganisasiAbstract
Kantor Pos merupakan organisasi pemerintah yang memfasilitasi masyarakat dengan sarana komunikasi yaitu surat dan jasa pengiriman barang. Peran Kantor Pos dalam era digital dan penerapan kepemimpinan transformasional di Kantor Pos Kisaran. Kantor Pos awalnya melayani surat dan pengiriman barang, tetapi sekarang telah berkembang untuk menyediakan layanan seperti Western Union dan pembayaran tagihan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan kepemimpinan transformasional oleh eksekutif manajer di Kantor Pos Kisaran dan dampak transformasi digital pada efektivitas organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling dan melibatkan tiga informan sebagai sumber informasi. Data primer diperoleh melalui wawancara terstruktur dengan informan, sedangkan data sekunder berasal dariĀ tinjauan pustaka, observasi, dan dokumen lapangan. Analisis data dilakukan secara berkelanjutan sampai data terkumpul sepenuhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Eksekutif manajer di Kantor Pos Kisaran tidak sepenuhnya menerapkan kepemimpinan transformasional, melainkan menggunakan campuran gaya kepemimpinan. (2) Penerapan transformasi digital di Kantor Pos Kisaran berjalan dengan baik namun memiliki beberapa kekurangan. Dalam kesimpulan, penelitian ini mengidentifikasi bahwa Kantor Pos Kisaran belum sepenuhnya menerapkan kepemimpinan transformasional dan masih ada ruang untuk meningkatkan penerapan transformasi digital demi meningkatkan efektivitas organisasi.