Penerapan Teknik Data Mining terhadap Prediksi Pemilihan Jurusan IPA/IPS Siswa Menggunakan Algoritma C4.5
Keywords:
Data mining, Prediksi, RapidMiner, Algoritma C4.5Abstract
Pemilihan jurusan IPA atau IPS adalah keputusan penting dalam perjalanan pendidikan siswa yang berdampak signifikan pada perkembangan akademik dan karir mereka. Penelitian ini membahas penerapan teknik data mining mempergunakan algoritma C4.5 dalam memperkirakan pemilihan jurusan IPA atau IPS oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling memengaruhi pemilihan jurusan siswa adalah nilai UN. Dengan menggunakan algoritma C4.5, siswa dengan nilai UN tertentu ditempatkan dalam kelompok IPA atau IPS. Dalam pengujian data menggunakan RapidMiner, hasil analisis mengkonfirmasi bahwa algoritma C4.5 efektif dalam memprediksi pemilihan jurusan siswa. Dengan bantuan teknologi data mining, proses analisis data menjadi lebih efisien dan memberikan wawasan berharga dalam pengambilan keputusan pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan sistem rekomendasi pendidikan yang lebih baik serta efisien.