DAMPAK GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BONE

Authors

  • Anggi Saputra Program Studi Komunikasi dan Penyiaran islam, Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Nirina Jumri Salam Program Studi Komunikasi dan Penyiaran islam, Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Aswar Azikin Program Studi Komunikasi dan Penyiaran islam, Institut Agama Islam Negeri Bone

Keywords:

Game Online, Mahasiswa, Mobile Legends

Abstract

Game online telah menjadi bagian integral dari kehidupan banyak mahasiswa di seluruh dunia. Fenomena ini memunculkan beragam dampak, baik positif maupun negatif. Bermain game online adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh kesenangan tanpa mempertimbangkan apa yang akan terjadi dari kegiatan tesebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari game online Mobile Legends: Bang Bang pada mahasiswa program studi komunikasi dan penyiaran islam di Institut Agama Islam Negeri Bone. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research dan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengolah dan menganalisis data secara kualitatif. Pengolahan dan analisis data kualitatif dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dampak dari game online terdiri dari dua yaitu dampak negatif dan dampak positif. Adapun dampak positif dari game online yaitu pengembangan keterampilan, koordinasi antara tangan dan mata, keterampilan sosial dan kolaborasi, pengembangan bahasa, dan sumber hiburan dan relaksasi. Dampak negatif yaitu ketergantungan dan kecanduan, kesehatan fisik, isolasi sosial, dampak finansial, dan tingkat stress.

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles