STRATEGI KOMUNIKASI PENGELOLA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PEMBAYARAN RETRIBUSI SEWA PENGHUNI RUSUNAWA PULOGEBANG PENGGILINGAN TOWER C
Keywords:
Komunikasi, Rusunawa, Kesadaran Penghuni, Retribusi, Hambatan KomunikasiAbstract
Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pengelola dalam meningkatkan kesadaran penghuni Rusunawa Pulogebang Penggilingan terkait kewajiban membayar retribusi. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi merupakan elemen penting dalam membentuk interaksi sosial, namun sering menghadapi hambatan yang mengurangi efektivitas penyampaian pesan. Hambatan tersebut meliputi rendahnya kepedulian dan sikap emosional penghuni, kurangnya keterbukaan dan kerja sama, perbedaan latar belakang budaya, serta gangguan teknis seperti kualitas audio yang buruk atau gambar presentasi yang buram. Temuan ini menekankan pentingnya pemahaman pengelola terhadap nilai, kebiasaan, dan kondisi teknis untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan kesadaran penghuni.










