PENGEMBANGAN KAMPUNG NOPIA BANYUMAS SEBAGAI WISATA EDUTOURISM

Authors

  • Dian Deliana Universitas Muhammadiyah Karanganyar

Keywords:

Pengembangan, Kampung Nopia Banyumas, Wisata Edutourism

Abstract

Pengembangan Kampung Nopia Banyumas sebagai Wisata Edutourism merupakan sebuah inisiatif komprehensif yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi pariwisata Desa Pakunden, terutama di Kampung Nopia, dengan mengubahnya menjadi destinasi edukatif yang menarik. Langkah-langkah strategis yang diambil dalam proyek ini mencakup beberapa aspek, termasuk pembuatan landmark yang mencerminkan keunikan dan daya tarik kampung tersebut, penggunaan papan informasi untuk menyajikan informasi yang berguna bagi pengunjung, penerapan strategi promosi digital untuk meningkatkan eksposur dan daya tarik destinasi, serta pelatihan dan pemberdayaan masyarakat lokal untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam mengelola pariwisata. Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kampung Nopia, tetapi juga untuk memberdayakan pengusaha lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Dengan memberikan pelatihan dan mendukung usaha lokal, diharapkan masyarakat dapat lebih aktif terlibat dalam industri pariwisata, yang pada gilirannya akan menciptakan peluang ekonomi baru dan meningkatkan taraf hidup mereka. Selain itu, fokus pada pengembangan infrastruktur pariwisata yang memadai, pendidikan tentang pentingnya pelestarian budaya dan lingkungan, serta partisipasi aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan pariwisata lokal diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi, pelestarian budaya lokal, dan pengembangan potensi pariwisata di wilayah tersebut. Melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat, Kampung Nopia dapat menjadi contoh sukses tentang bagaimana pariwisata dapat menjadi motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif bagi komunitas lokal.

Downloads

Published

2024-04-27

Issue

Section

Articles