ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PERSUASIF DALAM TRANSKRIPSI KUMPULAN MOTIVASI PADA CHANNEL YOUTUBE MARIO TEGUH TV SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Authors

  • Nurmayanti Universitas Mathla’ul Anwar

Keywords:

Struktur dan Kaidah Kebahasaan, Teks Persuasif, Transkripsi, Motivasi

Abstract

Bahasa memiliki peran sentral dalam kehidupan kita, memungkinkan komunikasi dan interaksi manusia. Komunikasi dapat bersifat langsung atau tidak langsung, dengan yang pertama melibatkan interaksi langsung dan yang kedua melibatkan komunikasi tertulis. Bahasa adalah kunci utama dalam komunikasi manusia dan diperlukan untuk mengungkapkan pemikiran dan perasaan.

Salah satu fungsi penting bahasa adalah persuasif, yang digunakan untuk menyakinkan orang lain. Teks persuasif mengandung ajakan, bujukan, atau perintah kepada pembacanya. Media sosial, seperti YouTube, menjadi platform populer bagi motivator untuk menyampaikan pesan persuasif mereka. Motivasi dalam bentuk video di YouTube memiliki daya tarik visual dan suara yang kuat, yang memengaruhi pembaca dengan lebih efektif daripada teks biasa.

Motivasi Mario Teguh, seorang motivator terkenal di Indonesia, adalah contoh teks persuasif yang dapat dijadikan sumber pembelajaran. Motivasi dalam bentuk video di YouTube memungkinkan peserta didik untuk belajar dari berbagai sumber. Namun, masalah dalam pemahaman teks persuasif termasuk kesulitan dalam menyusun pernyataan ajakan karena perbedaan interpretasi dan pemahaman. Kegagalan belajar juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, seperti ketidakaktifan siswa di kelas dan kurangnya penguasaan guru dalam menyampaikan materi.

Dalam kurikulum pendidikan bahasa Indonesia, pembelajaran teks persuasif menjadi penting untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Penelitian ini menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks persuasif berupa motivasi dari channel YouTube Mario Teguh Tv dan menjelaskan pemanfaatannya sebagai sumber pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.

Published

2023-11-20

Issue

Section

Articles