PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI dan HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Authors

  • Rani Br Tumeang Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Sari Mutiara
  • Regina Joceline Marpaung Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Sari Mutiara
  • Okta Siregar Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Sari Mutiara
  • Taruli Marito Silalahi Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Sari Mutiara

Keywords:

Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki motivasi dan hasil belajar matematika di sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Fokus utama dari peningkatan hasil belajar ini adalah pada aspek kognitif. Latar belakang penelitian ini berakar dari rendahnya motivasi serta hasil belajar matematika siswa, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang dianggap kurang efektif. Model Think-Pair-Share (TPS) memungkinkan siswa untuk berbagi dan membahas ide mereka secara kolaboratif, sehingga membantu memperdalam pemahaman mereka. Model ini sangat sesuai untuk siswa SD karena usia mereka yang masih muda membuat mereka lebih antusias terhadap pendekatan baru dan lebih nyaman berkolaborasi dengan teman sebaya dalam menyelesaikan masalah. Metode penelitian yang diterapkan adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber, termasuk buku, artikel, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar matematika di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-11-16

Issue

Section

Articles