PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP ISLAM KAFAH UNGGUL
Keywords:
Metode Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Pre-Test, Post-Test, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Islam Kafah Unggul. Penelitian menggunakan desain one-group pretest-posttest dengan pendekatan kuasi-eksperimen. Sebanyak 30 peserta didik diberikan pre-test sebelum pembelajaran untuk mengetahui pemahaman awal terhadap konsep-konsep IPA, kemudian diberikan pembelajaran menggunakan metode inkuiri, dan selanjutnya diukur kembali menggunakan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang signifikan antara pre-test dan post-test, yang dianalisis menggunakan paired t-test. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 0,05, yang mengindikasikan bahwa metode inkuiri memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dengan demikian, metode pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Temuan ini merekomendasikan metode inkuiri sebagai strategi pembelajaran yang relevan dalam meningkatkan kualitas hasil belajar IPA di tingkat SMP.