PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CERAMAH, DEMONSTRASI, DAN INKUIRI PADA KONSEP JENIS-JENIS BAHAN MAKANAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM KAFAH UNGGUL

Authors

  • Alfiani Eka Pratiwi Universitas Indraprasta PGRI
  • Supardi Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Jenis Bahan Makanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh metode pembelajaran ceramah, demonstrasi dan inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Islam Kafah Unggul. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu (quasi experiment) dengan bentuk post-test only control group design. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan menggunakan kelas 81, 82, dan 83. Data diperoleh melalui tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif. Didapatkan nilai rata-rata pada kelas 81 sebesar 94.20, pada kelas 82 sebesar 87.10, dan pada kelas 83 sebesar 76.40 yang didapatkan selisih nilai (gap) sebesar 7,1 dan 10,7 setelah mendapatkan perlakuan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan inkuiri.

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles