PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SMA ISLAM DARUL ABROR KOTA BEKASI

Authors

  • Astuti Irawati Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Bernalar Kritis, Siswa, SMA Islam Darul Abror, Kota Bekasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan bernalar kritis siswa di SMA Islam Darul Abror Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan bernalar kritis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah.

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles