PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP NEGERI 30 BEKASI

Authors

  • Muhammad Noor Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, IPA, Bioteknologi, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA, khususnya materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 30 Bekasi dengan menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen (kelas IX-1, 32 peserta didik) menggunakan model PjBL, sedangkan kelompok kontrol (kelas IX-2, 32 peserta didik) menggunakan pembelajaran konvensional berupa ceramah dan tanya jawab. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan uraian yang telah divalidasi oleh ahli, serta lembar observasi aktivitas peserta didik untuk melihat keterlibatan dan partisipasi selama proses pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Rata-rata nilai post-test dan skor N-Gain kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan pemahaman konsep bioteknologi secara lebih bermakna, serta memacu keaktifan dan antusiasme peserta didik dalam belajar. Model ini relevan dalam pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah.

Downloads

Published

2025-07-30