KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

Authors

  • Serly Wahyu Eka Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Ismail Universitas Negeri Surabaya
  • Nonik Indrawatiningsih Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kemampuan Penalaran Adaptif, HOTS, Gaya Kognitif, Barisan dan Deret Aritmatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa SMA yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dari satu siswa dengan bergaya kognitif field dependent dan satu siswa bergaya kognitif field independent. Kedua subjek memiliki kemampuan matematika tinggi dan berjenis kelamin sama. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan matematika, tes GEFT, tes kemampuan penalaran adaptif, dan wawancara. Selanjutnya data tes kemampuan penalaran adaptif yang diperoleh dianalisis menggunakan indikator kemampuan penalaran adaptif yaitu menyusun dugaan, memeriksa argumen, memberikan jawaban dengan menemukan pola, dan menarik kesimpulan. Pada hasil penelitian didapat bahwa kemampuan penalaran adaptif siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal HOTS dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan soal dan dapat memberikan jawaban lewat menemukan pola serta mengembangkan pola tersebut untuk menyelesaikan soal. Siswa juga dapat mengecek kembali jawabannya serta mengambil kesimpulan dari jawaban yang diperoleh. Sedangkan kemampuan penalaran adaptif siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal HOTS tidak dapat menuliskan informasi secara lengkap pada lembar jawabannya dan menyebutkan bahwa semua informasi digunakan dalam menyelesaikan soal. Siswa dapat memberikan jawaban dengan menemukan pola, namum tidak dapat mengembangakan pola tersebut untuk menyelesaikan soal. Siswa juga dapat mengecek kembali jawabannya serta mengambil kesimpulan atas jawaban yang diperoleh.

Downloads

Published

2025-10-15