PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT KELAS X SMK NEGERI 5 PANDEGLANG

Authors

  • Arman Maulana Universitas Mathla’ul Anwar

Keywords:

Metode gallery walk terhadap kemampuan menulis teksanekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang dengan menggunakan  metode gallery walk ; 2) kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang menggunakan metode teacher center learning, Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan siswa kelas X tahun pelajaran 2023/2024 sebagai populasi. Teknik sampel menggunakan random sampling. Sampel berjumlah 67 siswa. Didapat kemampuan menulis teks anekdot siswa menggunakan metode gallery walk  berkategori  baik.  Hasil  perhitungan  diperoleh  nilai  Mean  (????̅)  =  76,32, Median (Me) = 79,12, Modus (Mo) = 89,5, nilai Varians (S2) = 61,76 dan Standar Deviasi (S) = 7,90. Sedangkan kemampuan menulis teks anekdot  siswa menggunakan teacher center learning cukup. Dari pengolahan data diperoleh nilai Mean (????̅) = 63,31, Median (Me) = 65,5, dan Modus (Mo) = 72,5, nilai Varians (S2) = 62,3 dan Standar Deviasi (S) = 7,89. Hasil analisis data dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan metode gallery walk terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,054 > ttabel = 1,998.

. Berdasarkan data diatas dapat dikatakan bahwa método pembelajaran gallery walk dinyatakan baik, sedangkan model pembelajaran teacher center learning dinyatakan cukup.Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran Integratif terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Pandeglang.

Published

2023-11-15

Issue

Section

Articles