THE INFLUENCE OF EXAMPLE NON-EXAMPLE METHOD TOWARD STUDENTS WRITING SKILL IN EXPLANATION TEXT AT THE ELEVENTH GRADE ACADEMIC YEAR 2023/2024

Authors

  • Lisanti University of Mathla’ul Anwar
  • Riandi University of Mathla’ul Anwar
  • Nur Azmi Rohimajaya University of Mathla’ul Anwar

Keywords:

Metode example non-example, Keterampilan menulis, Explanation text

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode example non-example keterampilan menulis penjelasan siswa Kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2023 sampai dengan 31 Agustus 2023 dan peneliti memilih SMA Negeri 9 Pandeglang sebagai lokasi penelitian. Penelitian hanya mengambil kelas XI yang berjumlah 311 siswa. Kelas XI I (sebagai kelas eksperimen) berjumlah 34 siswa, dan XI H (sebagai kelas kontrol) berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk pendekatan kuantitatif. Perlakuan diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test. Berdasarkan temuan analisis dan interpretasi data penelitian diketahui terdapat pengaruh yang signifikan Metode Non Contoh dalam Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 9 Pandeglang Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi penelitian, standar deviasi kelompok eksperimen adalah 7,560 dan 10,361. Sedangkan standar deviasi kelompok kontrol masing-masing sebesar 9,438 dan 10,210. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis sebesar 0,00 < 0,05 artinya pengajaran menulis dengan metode example-non-example memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis siswa kelas XI SMAN 9 Pandeglang tahun ajaran 2023/2024. Oleh karena itu hipotesis nol (Ho) ditolak, jika tidak maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Published

2023-11-17

Issue

Section

Articles