IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS WEB DI KLINIK PRATAMA HARAPAN BUNDA

Authors

  • Frendy Pradana Putra Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Sistem Informasi, CRM (Customer Relationship Management), Klinik, Website

Abstract

Klinik Pratama Harapan Bunda yang terletak di Desa Ngampel, Kec. Balong, Kab. Ponorogo, saat ini menghadapi tantangan dalam pengelolaan data pasien yang masih menggunakan media kertas. Dengan jumlah pengunjung yang terus meningkat, termasuk sebanyak 8.502 pasien pada tahun 2023, kebutuhan akan sistem informasi yang lebih baik menjadi sangat mendesak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan pasien dengan mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mengintegrasikan Customer Relationship Management (CRM). CRM ini akan menyimpan riwayat penyakit pasien, tindakan medis, obat-obatan, dan informasi lainnya secara digital, sehingga memudahkan pengelolaan data dan meningkatkan efisiensi pelayanan. Pengembangan system dilakukan dengan metode waterfall, bahasa pemrograman PHP dengan framework laravel. Pengujian sistem menggunakan blackbox testing dengan hasil validitas sebesar 100%. Implementasi CRM diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan klinik tetapi juga meningkatkan kepuasan pasien melalui layanan yang lebih responsif dan terorganisir.

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles