Redesign Website Akademik Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Meningkatkan User Experience
Keywords:
Design Thinking, UI/UX, Website Redesign, User Experience, AcademicAbstract
Website akademik merupakan platform utama dalam menyediakan informasi akademik bagi mahasiswa, dosen, dan staf administrasi. Namun, banyak website akademik yang mengalami masalah dalam navigasi, desain yang kurang responsif, serta keterbatasan aksesibilitas. Masalah ini dapat menyebabkan ketidakefisienan dalam pencarian informasi, menghambat proses akademik, serta menurunkan kepuasan pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meredesain website akademik menggunakan metode Design Thinking guna meningkatkan User Experience (UX). Metode yang digunakan terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Dalam tahap Empathize, dilakukan wawancara dan observasi terhadap pengguna untuk memahami permasalahan utama. Kemudian, dalam tahap Define, permasalahan dirangkum dan didefinisikan dengan jelas. Pada tahap Ideate, dilakukan brainstorming untuk menghasilkan solusi desain yang lebih baik. Selanjutnya, dalam tahap Prototype, dibuat model visual website baru yang lebih intuitif dan mudah diakses. Akhirnya, dalam tahap Test, dilakukan evaluasi terhadap desain baru untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna