Perancangan Design UI/UX Media Pembelajaran Daring Dengan Pendekatan Design Thinking

Authors

  • Nadia Yulia Sari Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Isa Faqihuddin Hanif Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Warda Sofia Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Keywords:

UI/UX, E-learning, Design Thinking, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini memerlukan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan agar anak dapat menyerap materi dengan optimal. Namun, dalam praktiknya, pemanfaatan media pembelajaran digital di lembaga seperti TK Cahaya Quran masih menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang kurang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Studi ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran daring berbasis UI/UX dengan pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian ini menghasilkan sistem yang mendukung kebutuhan guru dalam pengelolaan materi, interaksi dengan siswa, serta pemantauan perkembangan anak secara digital melalui antarmuka yang intuitif. Evaluasi sistem dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam aspek kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam menghasilkan desain UI/UX yang responsif terhadap kebutuhan pengguna, khususnya anak-anak dan guru di TK. Sistem yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan di lingkungan pendidikan anak usia dini seperti TK Cahaya Quran.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles